Butuh Bantuan? Customer Service Omah Buku Muslim siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Keistimewaan Puasa yang Jarang Terungkap

Keistimewaan Puasa yang Jarang Terungkap

Ditulis pada: 21 May 2018 | Kategori:

Keistimewaan Puasa yang Jarang Terungkap

Puasa itu…, mmh….ibadah yang unik. Nggak ada yang semisal dengannya. Puasa mengekang ‘kebutuhan esensial manusia’ (baca: makan, minum, dan—maaf—seks) terkait nafsu humanis yang telah ‘ter-install’ dalam jiwanya sebagai manifestasi dari ‘Kebijakan Allâh dan Kehendak-Nya’. Unik bukan? Allâh menciptakan kita dalam format ‘sangat butuh’—bahkan bergantung—pada tiga hal tersebut, sementara perintah-Nya dari sisi syar’i, justru mengharamkan kita darinya melalui titah puasa. Karakteristik spesial ini, tidak ditemukan pada ibadah lain selain puasa.

Coba saja renungi ragam ibadah yang ada, lalu bandingkan dengan puasa. Shalat misalkan. Makan, minum, apalagi seks, jelas terlarang di dalam shalat. Namun durasinya sangat pendek, tidak seperti puasa. Seorang anak manusia yang paling rakus sekalipun, tidak akan sanggup jika diharuskan untuk makan dan minum setiap 10 menit. Aneh jika ia tidak mampu menahan nafsu makan dan minum selama 5 menit selama shalat berlangsung. Bahkan saat jiwa insani begitu kebelet dengan hidangan di meja makan, sunnah Nabi kita menegaskan agar shalat ditunda, sekalipun berkonsekuensi pada hilangnya kesempatan untuk shalat berjama’ah.

Kita ambil contoh lain, Ihram misalkan, yang dilarang hanya hubungan suami-istri dan faktor-faktor pemicunya seperti parfum, ungkapan-ungkapan cabul (rafats), dll. Namun tidak dari makan dan minum. Pada ibadah i’tikâf Ramadhân, makan dan minum hanya dilarang pada siang hari, itupun dalam status i’tikâf sebagai bagian dari ibadah di bulan Ramadhân.

Dengan kekhususan puasa ini, maka sangat wajar jika Allâh juga mengkhususkannya dalam ganjaran dan balasan kebaikan.

Salaf Quote:

طُوْبَى لِمَنْ تَرَكَ شَهْوَةً حَاضِرَةً لِمَوْعِدِ غَيْبٍ لَمْ يَرَهُ

“Kebahagian mutlak, adalah janji bagi mereka yang meninggalkan syahwat di hadapan mata, demi meraih janji yang belum pernah mereka lihat sama sekali (bertemu Allâh di surga).” [Lathâ-iful Ma’ârif hal. 288, Ibnu Rajab al-Hambali]

***

27 Sya’bân 1434-H / 06072013
✍️ Abu Ziyân Johan Saputra Halim

Telegram: t.me/kristaliman

Kristaliman
Yuk, di-share, bersama raih pahala dakwah.

Untuk pemesanan, ketik Nama_Alamat_Judul Buku & Jumlah kirim SMS/Whats App ke 087 8080 33400
-!
PROMO DISKON 25% tiap total pembelian di atas Rp 500.000 (tanpa berbatas waktu). Tunggu apalagi? NB: harga sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung katalog terbaru dari penerbit. Untuk stok buku paling update, mohon konfirmasi via SMS/Whatsapp kami.

Keistimewaan Puasa yang Jarang Terungkap | omahbukumuslim| Jual Buku Muslim SMS/WA: 087 8080 33400

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Keistimewaan Puasa yang Jarang Terungkap

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Keistimewaan Puasa yang Jarang Terungkap

fasting Ditulis pada: 21 May 2018

Keistimewaan Puasa yang Jarang Terungkap Puasa itu…, mmh….ibadah yang unik. Nggak ada yang semisal dengannya. Puasa mengekang ‘kebutuhan esensial manusia’ (baca: makan, minum, dan—maaf—seks) terkait nafsu humanis yang telah ‘ter-install’ dalam jiwanya sebagai manifestasi dari ‘Kebijakan Allâh dan Kehendak-Nya’. Unik... Baca selengkapnya »

TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH

semangat-para-salaf-810x500 Ditulis pada: 25 April 2018

TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH Syaikh Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al Abbad Orang yang membaca kisah-kisah kehidupan para salafus shalih dan para ulama besar yang mapan ilmu dan amalnya, mereka akan menemukan ternyata para salaf memiliki uluwwul himmah... Baca selengkapnya »

NASEHAT UNTUK PARA PENGHAFAL AL-QUR’AN

quran ustmani Ditulis pada: 17 November 2017

Artikel ini kami dapatkan dari grup Whatsapp sebuah Yayasan Tahfidz Quran yang berlokasi di Pamulang. Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Terutama bagi para penghafal Al Quran. .نصيحة لأهل القرآن *NASEHAT UNTUK PARA PENGHAFAL AL-QUR’AN(sangat mendalam)* بقلم الدكتور: أيمن رشدي *Ditulis... Baca selengkapnya »

RINGKASAN 20 KIAT AGAR TERHINDAR DARI FUTUR

futur Ditulis pada: 9 October 2017

◾ RINGKASAN 20 KIAT AGAR TERHINDAR DARI FUTUR ◾ karya: Ustadz Najmi Umar Bakkar Futur yaitu rasa malas, enggan, dan lamban dimana sebelumnya seseorang itu rajin, bersungguh-sungguh, dan penuh semangat. Futur adalah satu penyakit yang sering menyerang sebagian ahli ibadah, para da’i,... Baca selengkapnya »

5 Tips Ampuh Mempelajari Bahasa Arab bagi Pemula

amira Ditulis pada: 2 October 2017

Bismillah…Artikel ini merupakan saduran dari artikel milik Founder Kelas Bahasa Online AMIRA  (Ustadz Yani Fahriansyah, S.Pd). Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Berikut kami ringkaskan tips-tips yang kami anggap perlu diterapkan agar pelajar pemula bisa menggapai kemudahan dalam mempelajari bahasa yang... Baca selengkapnya »