Butuh Bantuan? Customer Service Omah Buku Muslim siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Seni Menikmati Ujian, Bagaimana Mengubah Musibah menjadi Hiburan

Seni Menikmati Ujian, Bagaimana Mengubah Musibah menjadi Hiburan

Ditulis pada: 16 September 2017 | Kategori: Uncategorized

Bismillah…

Materi kali ini alhamdulillah saya dapat dari Kajian Ust. Najmi Umar Bakkar sewaktu mengisi di Masjid Al Kautsar, Taman Chrysant 2 BSD. Ust. Najmi Bakkar membagikan secarik kertas materi. Dan entah mengapa hati ini tergerak untuk menuangkan apa yang diperoleh saat kajian. Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?” (QS. Al Ankabut [29]:2).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Manusia yang paling berat ujiannya adalah para Nabi, kemudian orang-orang shalih yang derajatnya di bawah mereka, kemudian di bawahnya lagi. Seseorang itu diuji sesuai kadar agamanya, jika agamanya kuat maka semakin keras ujiannya, dan jika agamanya lemah maka ujiannya akan diringankan darinya. Dan ujian senantiasa akan menimpa seorang hamba sehingga ia berjalan di muka bumi tanpa ada kesalahan sedikit pun” (HR Ahmad, Bukhari, An Nasaa’i dan Ibnu Majah, lihat Shahihul Jaami’ no.992).

Manusia yang paling berat ujiannya adalah para Nabi, kemudian para ulama, kemudian orang-orang shalih. Ada di antara mereka yang diuji dengan kutu sampai ia meninggal dunia, diuji dengan kefakiran sampai ia tidak memiliki apa-apa kecuali pakaian luar. Dan sungguh salah seorang di antara mereka lebih senang saat menerima ujian, daripada kesenangan kalian saat meneria karunia” (HR Ibnu Majah dan Al Hakim, lihat Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no.3403).

Maka bergembiralah bagi yang sakit dan tertimpa musibah jika mereka menyikapinya dengan ikhlas, sabar, ridha dan tidak buruk sangka kepada Allah bahwa mereka akan:

1. Diampuni Dosa-dosanya

“Tidaklah seorang muslim tertimpa rasa letih, penyakit, bingung, sedih, rasa sakit, duka cita bahkan duri yang mengenai dirinya, melainkan dengan itu Allah gugurkan kesalahan-kesalahannya” (HR Bukhari no.5642 dan Muslim no.2573).

2. Semakin Dicintai Allah

“Sesungguhnya besarnya pahala sesuai dengan besarnya cobaan dan sesungguhnya apabila Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Oleh karena itu, barangsiapa yang ridha (menerima cobaan itu) maka baginya keridhaan Allah dan barangsiapa yang murka maka baginya kemurkaan Allah” (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah, lihat Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no.3407).

3. Ditinggikan Derajat

“Sesungguhnya seorang hamba jika telah ditetapkan oleh Allah suatu kedudukan baginya, lalu ia tidak dapat mencapai (kedudukan itu) dengan amal perbuatannya, maka Allah akan memberikan ujian pada tubuh, harta atau anaknya, kemudian ia bersabar atas ujian tersebut, hingga Allah menyampaikannya pada kedudukan yang telah ditetapkan untuknya dari Allah ‘Azza wa Jalla”(HR Ahmad, Abu Dawud, At Thabrani dan Abu Ya’la).

4. Mendapatkan Surga

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhai bagimu sebuah pahala kecuali Surga” (HR Ibnu Majah).

5. Keselamatan dari Api Neraka

“Beritakanlah kabar gembira, sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman:”Penyakit itu adalah api-Ku yang Aku timpakan kepada hamba-Ku yang mukmin di dunia ini, agar ia dapat selamat dari api Neraka pada hari akhir nanti (HR Ahmad, Ibnu Majah dan Al Hakim).

6. Mendapatkan Kebaikan

“Barangsiapa dikehendaki oleh Allah mendapatkan kebaikanm maka akan ditimpakan musibah (ujian) kepadanya” (HR Bukhari No.5645).

7.8.9. Mendapatkan Keberkahan, Rahmat dan Petunjuk

“Mereka itulah (yaitu orang yang tertimpa musibah) yang akan mendatangkan keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS Al Baqarah [2]:157).

10. Mendapatkan Pahala Tanpa Batas

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (QS Az Zumar [30]:10).

Maka bila kita tertimpa musibah, ucapkanlah ” Innalillahi wa inna ilaihi ro’ji’un..Alhamdulillah ‘Alaa Kulli Hal”.

Jadi..masihkah kita bersedih terlalu mendalam saat tertimpa musibah?

 

Untuk pemesanan, ketik Nama_Alamat_Judul Buku & Jumlah kirim SMS/Whats App ke 087 8080 33400
-!
PROMO DISKON 25% tiap total pembelian di atas Rp 500.000 (tanpa berbatas waktu). Tunggu apalagi? NB: harga sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung katalog terbaru dari penerbit. Untuk stok buku paling update, mohon konfirmasi via SMS/Whatsapp kami.

Seni Menikmati Ujian, Bagaimana Mengubah Musibah menjadi Hiburan | omahbukumuslim| Jual Buku Muslim SMS/WA: 087 8080 33400

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Seni Menikmati Ujian, Bagaimana Mengubah Musibah menjadi Hiburan

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

NASEHAT UNTUK PARA PENGHAFAL AL-QUR’AN

quran ustmani Ditulis pada: 17 November 2017

Artikel ini kami dapatkan dari grup Whatsapp sebuah Yayasan Tahfidz Quran yang berlokasi di Pamulang. Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Terutama bagi para penghafal Al Quran. .نصيحة لأهل القرآن *NASEHAT UNTUK PARA PENGHAFAL AL-QUR’AN(sangat mendalam)* بقلم الدكتور: أيمن رشدي *Ditulis... Baca selengkapnya »

RINGKASAN 20 KIAT AGAR TERHINDAR DARI FUTUR

futur Ditulis pada: 9 October 2017

◾ RINGKASAN 20 KIAT AGAR TERHINDAR DARI FUTUR ◾ karya: Ustadz Najmi Umar Bakkar Futur yaitu rasa malas, enggan, dan lamban dimana sebelumnya seseorang itu rajin, bersungguh-sungguh, dan penuh semangat. Futur adalah satu penyakit yang sering menyerang sebagian ahli ibadah, para da’i,... Baca selengkapnya »

5 Tips Ampuh Mempelajari Bahasa Arab bagi Pemula

amira Ditulis pada: 2 October 2017

Bismillah…Artikel ini merupakan saduran dari artikel milik Founder Kelas Bahasa Online AMIRA  (Ustadz Yani Fahriansyah, S.Pd). Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Berikut kami ringkaskan tips-tips yang kami anggap perlu diterapkan agar pelajar pemula bisa menggapai kemudahan dalam mempelajari bahasa yang... Baca selengkapnya »

Seni Menikmati Ujian, Bagaimana Mengubah Musibah menjadi Hiburan

IMG-20170911-WA0027 Ditulis pada: 16 September 2017

Bismillah… Materi kali ini alhamdulillah saya dapat dari Kajian Ust. Najmi Umar Bakkar sewaktu mengisi di Masjid Al Kautsar, Taman Chrysant 2 BSD. Ust. Najmi Bakkar membagikan secarik kertas materi. Dan entah mengapa hati ini tergerak untuk menuangkan apa yang... Baca selengkapnya »

Tips Memadamkan Kemarahan

Ruqyah Jin Sihir Ditulis pada: 16 August 2017

Sedikit ingin membahas mengenai “Marah”. Menurut buku Ruqyah, Jin, Sihir & Terapinya (karya Syaikh Wahid Abdussalam Bali-pakar dunia ghaib Timur Tengah), marah termasuk pintu terbesar setan untuk masuk dan menggoda, dan tipu dayanya sangat ampuh. Sebab setan dapat mempermainkan orang... Baca selengkapnya »