Butuh Bantuan? Customer Service Omah Buku Muslim siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH

TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH

Ditulis pada: 25 April 2018 | Kategori:

TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH

Syaikh Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al Abbad

Orang yang membaca kisah-kisah kehidupan para salafus shalih dan para ulama besar yang mapan ilmu dan amalnya, mereka akan menemukan ternyata para salaf memiliki uluwwul himmah (semangat yang tinggi) dan tekad yang tulus serta gigih dalam berpegang teguh pada ajaran agama, yang itu semua membantu mereka (dengan izin Allah) dalam menapaki jalan mereka yang mulia.

Berikut ini saya paparkan sebagian contoh dari generasi masa yang telah lampau dari sejarah umat ini yang menunjukkan betapa gigihnya tamassuk (konsistensi) mereka terhadap As Sunnah dan indahnya kekokohan mereka di atas kebaikan dalam hal-hal yang diserukan dan dianjurkan oleh agama. Dan terlebih lagi dalam perkara-perkara fardhu dan wajib. Sedangkan di antara orang sekarang, telah sampai kepada mereka penjelasan mengenai apa-apa yang wajib dan apa-apa yang diperintahkan dalam agama. Namun mereka tidak memiliki semangat untuk menjalankannya dengan konsisten dan tidak ada ambisi untuk berpegang teguh padanya.

Contoh pertama

Dari An Nu’man bin Salim, dari Amr’ bin Aus ia berkata: ‘Anbasah bin Abu Sufyan menuturkan sebuah hadits kepadaku ketika ia sedang sakit, yang dengan sebab sakitnya itulah ia wafat. Ia berkata: aku mendengar Ummu Habibah mengatakan: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “barangsiapa shalat 10 rakaat sehari-semalam, akan dibangunkan sebuah rumah baginya di surga”. Ummu Habibah mengatakan: “aku tidak pernah meninggalkannya sejak aku mendengar hadits ini dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam”. ‘Anbasah juga mengatakan: “aku tidak pernah meninggalkannya sejak aku mendengar hadits ini dari Ummu Habibah”. An Nu’man juga mengatakan: “aku tidak pernah meninggalkannya sejak aku mendengar hadits ini dari ‘Anbasah” (HR. Muslim).

Contoh ke dua

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu’anhuma, ia mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Tidaklah dibenarkan bagi seorang Muslim yang memiliki sesuatu untuk diwasiatkan, ia menyimpannya sampai tiga malam, kecuali wasiat tersebut menjadi wajib baginya untuk disampaikan”. Abdullah bin Umar berkata: “sejak aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkata demikian, tidaklah berlalu satu malam pun kecuali aku menyampaikan wasiatku” (HR. Muslim).

Contoh ke tiga

Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Fathimah radhiallahu’anha datang kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam untuk meminta seorang pembantu. Lalu Nabi bersabda: “wahai Fathimah, maukah aku sampaikan kepadamu suatu hal yang lebih baik dari hal itu? Bertasbihlah ketika hendak tidur 33x, bertahmidlah 33x, bertakbirlah 34x”. Lalu Sufyan mengatakan: ‘salah satu dzikir tersebut hitungannya 34x’. Ali mengatakan: “aku tidak pernah meninggalkannya setelah (mendengar hadits) itu”. Lalu ada yang bertanya: ”bagaimana ketika hari-hari peristiwa Shiffin?”. Ali berkata: “demikian juga di hari-hari peristiwa Shiffin (aku tidak meninggalkannya)” (Muttafaq ‘alaihi).

Contoh ke empat

Dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, beliau berkata: “ketika kami shalat bersama Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, ada seorang yang dari makmum berdoa: Allahu akbar kabiiran wal hamdulillahi katsiran wa subhaanallahi bukratan wa ashiilan”. Maka (setelah shalat) Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “siapa yang berdoa demikian dan demikian?”. Orang tadi berkata: “saya wahai Rasulullah”. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Saya sampai terheran, karena dibuka pintu langit dengan sebab doamu tadi”. Ibnu Umar lalu mengatakan: “aku tidak pernah meninggalkan doa tersebut setelah aku mendengar sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tersebut” (HR. Muslim).

SELENGKAPNYA: http://muslim.or.id/29104-tingginya-semangat-para-salaf-dalam-menjalankan-sunnah.html

@fawaid_kangaswad

Untuk pemesanan, ketik Nama_Alamat_Judul Buku & Jumlah kirim SMS/Whats App ke 087 8080 33400
-!
PROMO Menarik GRATIS ONGKIR 1KG WAHANA untuk JABODETABEK ATAU SUBSIDI ONGKIR Rp 5.000 untuk NON-JABODETABEK dengan minimum pembelian Rp 150.000,- sampai Desember 2018. Tunggu apalagi? NB: harga sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung katalog terbaru dari penerbit. Untuk stok buku paling update, mohon konfirmasi via SMS/Whatsapp kami.

TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH | omahbukumuslim| Jual Buku Muslim SMS/WA: 087 8080 33400

Tags:

Komentar dinonaktifkan: TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

ISTIGHFAR

istigfar Ditulis pada: 26 July 2018

#Hadits_yang_jarang_kita_dengar. Namun, bacalah barang sejenak dan renungkan…!! Betapa agung dan luas Rahmat Allah dan maaf-Nya. Baginda Rasulullah ﷺ bersabda: (إن صاحب الشمال ليرفع القلم ست ساعات عن العبد المسلم المخطئ أو المسيء, فإن ندم أو استغفر الله منها ألقاها, وإلا... Baca selengkapnya »

TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH

semangat-para-salaf-810x500 Ditulis pada: 25 April 2018

TINGGINYA SEMANGAT PARA SALAF DALAM MENJALANKAN SUNNAH Syaikh Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al Abbad Orang yang membaca kisah-kisah kehidupan para salafus shalih dan para ulama besar yang mapan ilmu dan amalnya, mereka akan menemukan ternyata para salaf memiliki uluwwul himmah... Baca selengkapnya »

NASEHAT UNTUK PARA PENGHAFAL AL-QUR’AN

quran ustmani Ditulis pada: 17 November 2017

Artikel ini kami dapatkan dari grup Whatsapp sebuah Yayasan Tahfidz Quran yang berlokasi di Pamulang. Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Terutama bagi para penghafal Al Quran. .نصيحة لأهل القرآن *NASEHAT UNTUK PARA PENGHAFAL AL-QUR’AN(sangat mendalam)* بقلم الدكتور: أيمن رشدي *Ditulis... Baca selengkapnya »

RINGKASAN 20 KIAT AGAR TERHINDAR DARI FUTUR

futur Ditulis pada: 9 October 2017

◾ RINGKASAN 20 KIAT AGAR TERHINDAR DARI FUTUR ◾ karya: Ustadz Najmi Umar Bakkar Futur yaitu rasa malas, enggan, dan lamban dimana sebelumnya seseorang itu rajin, bersungguh-sungguh, dan penuh semangat. Futur adalah satu penyakit yang sering menyerang sebagian ahli ibadah, para da’i,... Baca selengkapnya »

5 Tips Ampuh Mempelajari Bahasa Arab bagi Pemula

amira Ditulis pada: 2 October 2017

Bismillah…Artikel ini merupakan saduran dari artikel milik Founder Kelas Bahasa Online AMIRA  (Ustadz Yani Fahriansyah, S.Pd). Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Berikut kami ringkaskan tips-tips yang kami anggap perlu diterapkan agar pelajar pemula bisa menggapai kemudahan dalam mempelajari bahasa yang... Baca selengkapnya »